SAMBUT MALAM KEMENANGAN, LAPAS PASURUAN KANWIL KEMENKUMHAM JATIM GELAR TAKBIR KELILING BLOK HUNIAN

 

Pasuruan Kota - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasuruan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur menyambut hari raya Idul Fitri dengan semarak menggemakan takbir ke seluruh penjuru di dalam Lapas pada Selasa malam (9/4/2024).


Semarak sambut Idul Fitri terjadi di segala penjuru tanah air. Ummat Islam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri dengan berbagai hal. Pun begitu yang terjadi di Lapas Kelas IIB Pasuruan, dimana sebanyak dua belas orang Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah dipilih melakukan kegiatan Takbir Keliling di dalam lingkungan Lapas dengan didampingi langsung oleh Kepala Lapas Pasuruan Ma’ruf Prasetyo Hadianto dan jajaran.

Kegiatan ini dimulai selepas sholat Isya, diawali pengarahan oleh Ka. KPLP lalu berkeliling mulai dari Pendopo lalu ke blok-blok hunian di Lapas Kelas IIB Pasuruan. Diisi oleh suara takbir dari Kalapas, gema Takbir keliling ini pun disambut para tahanan dan narapidana lain di dalam kamar hunian yang dilewati.


"Kegiatan takbir keliling ini sebagai penawar kerinduan para WBP yang ingin merasakan suasana malam takbir di luar Lapas. Meski masih dalam kondisi tidak bisa menemuni keluarga yang dirumah, euforia takbir ini diharapkan bisa menjadi penghibur," ujar Kalapas.

Para petugas, tahanan dan narapidana terlarut dalam semarak gema takbir sambut hari taya Idul Fitri di dalam Lapas Kelas IIB Pasuruan.


Sebagaimana arahan dari Kakanwil Kemenkumham Jatim, Dr. Heni Yuwono menyatakan kegiatan takbir keliling di Lapas merupakan bukti bahwa semangat Idul Fitri bisa dirayakan di mana saja, termasuk di dalam penjara. Hal ini juga menunjukkan upaya seluruh Lapas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur dalam memberikan pembinaan mental dan spiritual kepada warga binaan, sebagai bagian dari proses rehabilitasi mereka.


(Humas Lapas Pasuruan)

Tidak ada komentar: